BIAYA DAN WAKTU PENDAFTARAN
Biaya pendaftaran Ar-Raudlatul Hasanah – Medan sebesar Rp. 9.700.000,- dengan rincian:
Biaya Pendaftaran : Rp. 200.000,-
Biaya Awal Tahun santri/wati baru : Rp. 8.450.000,-
Biaya Bulanan : Rp. 1.050.000,-
Biaya Pendafataran Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut – Tapteng sebesar Rp. 6.500.000,- dengan rincian:
Biaya Pendaftaran : Rp. 200.000,-
Biaya Awal Tahun santri/wati baru : Rp. 5.320.000,-
Biaya Bulanan : Rp. 980.000,-
PENDAFTARAN DIBUKA SETIAP HARI PADA BULAN YANG DITENTUKAN :
Pagi : 08.00 - 12.00 WIB
Siang : 14.00 - 17.30 WIB
Catatan Penting :
Calon santri yang ingin mendaftar di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut dapat melakukan pendaftaran di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan.
Seluruh syarat dan berkas pendaftaran di Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut sama dengan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan.
Bagi calon santri yang gagal dalam ujian seleksi masuk, maka seluruh biaya akan dikembalikan, kecuali:
Biaya pendaftaran
Biaya makan sebanyak yang telah dipergunakan selama bermukim di Pesantren
Bagi santri yang mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan, maka biaya yang telah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.
PROSEDUR PENDAFTARAN (ONLINE)
Isi formulir pendaftaran dengan lengkap (sesuai dengan data yang tertulis di KK, KTP, NISN dan STTB/ IJAZAH). *Sebelum mengisi data di formulir yang tersedia tentukan pilihan Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah yang dituju:
Ar-Raudlatul Hasanah Medan
Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut-Tapanuli Tengah
Lakukan pembayaran di Bank Syariah Indonesia (BSI) atau Bank terdekat, dengan menunjukkan nomor kode Virtual Account yang diperoleh dari sistem setelah pengisian formulir berhasil tersimpan.
Akses kembali https://daftaronline.raudhah.ac.id kemudian klik menu Login (di bagian kanan atas).
Login dengan NIK dan PASSWORD yang telah dibuat saat pendaftaran.
Silahkan mengunduh (download) Kartu Ujian dan Materi Ujian.
Proses pendaftaran selesai.
BERKAS PENDAFTARAN
TAMATAN SD/MI & SMP/MTS
Fotokopi STTB/ Ijazah yang dilegalisir 3 lembar.
Fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang dilegalisir 3 lembar, (Jika Ijazah Belum ada).
Fotokopi kartu NISN 1 lembar.
Pasfoto hitam-putih (bagi putra berbaju putih polos tanpa logo/ atribut, dan bagi putri mengenakan jilbab putih) berukuran 3 x 4 sebanyak 6 lembar.
Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP orang tua/ wali 1 lembar.
Menandatangani Surat Pernyataan oleh orang tua/ wali dan calon santri.
Surat Keterangan Sehat (asli) dari PUSKESMAS/ Rumah Sakit Pemerintah.
PESERTA UJIAN LANJUTAN (PINDAHAN PESANTREN/Naik Tingkat)
Fotokopi STTB/ Ijazah yang dilegalisir 3 lembar.
Fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) yang dilegalisir 3 lembar, (Jika Ijazah Belum ada).
Fotokopi kartu NISN 1 lembar.
Pasfoto hitam-putih (bagi putra berbaju putih polos tanpa logo/ atribut, dan bagi putri mengenakan jilbab putih) berukuran 3 x 4 sebanyak 6 lembar.
Fotokopi Kartu Keluarga dan KTP orang tua/ wali 1 lembar.
Menandatangani Surat Pernyataan oleh orang tua/ wali dan calon santri.
Surat Keterangan Sehat (asli) dari PUSKESMAS/ Rumah Sakit Pemerintah.
Raport asli dan SKBB dari Pesantren asal.
SYARAT & PROSEDUR PENYERAHAN BERKAS
Sudah melakukan pendaftaran online dan sudah terverifikasi.
Sudah melunasi biaya pendaftaran dan mendapatkan Kartu Ujian.
Penyerahan berkas mulai tanggal 21 – 29 Juni 2025.
Penyerahan berkas dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah.
Pendaftar/ calon santri membawa berkas pendaftaran ke Panitia (Gedung Serba Guna) untuk registrasi ulang (Ijazah dapat diserahkan kemudian jika sudah ada).
Menunjukkan Kartu Ujian.
Menandatangani Surat Pernyataan oleh orang tua/ wali.
Menuju asrama yang telah ditentukan oleh Panitia.
MATERI UJIAN
A. MATERI UJIAN LISAN
Wawancara
Membaca Al-Qur'an
Imla' /menulis arab
Praktek Ibadah Harian
B. MATERI UJIAN TULIS
Imla' /menulis arab
Pengetahuan umum meliputi: Matematika dan Bahasa Indonesia
C. MATERI Khusus Peserta Ujian Lanjutan (Pindahan/Naik TIngkat)
Bahasa Arab
Nahwu
Shorof
Bahasa Inggris
Grammar
KETENTUAN MUKIM DI PESANTREN
Seluruh calon santri yang memilih Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, akan bermukim di Medan
Seluruh calon santri yang memilih Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah 2 Lumut, akan bermukim di Lumut-Tapteng
Menempati kamar yang telah ditentukan oleh Panitia.
Membawa perlengkapan untuk bermukim, seperti pakaian, peralatan tidur, peralatan mandi, buku dan alat tulis, dll
FASILITAS PESANTREN
Masjid dan Perkantoran
Gedung Pertemuan
Asrama
Perpustakaan
Labratorium FIsika, Kimia dan Biologi
Labratorium Komputer
Labratorium Bahasa
Ruang Belajar
Baitul Mal Wat Tamwil
Warung Telekomunikasi
Laundry
Toko Pelajar
Santri Mart
Klinik Pratama
Poli Gigi
Sarana Olahraga
Percetakan
Ruang Makan
Security 24 Jam
Barber Shop
ATM
UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Raudhah
Sistem Pembayaran SPP Online
Sistem Infomasi Akademik
- Kurikulum apa yang diterapkan oleh Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah?
Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah menggunakan kurikulum KMI (Kulliyyatul Mu’allimin Al-Islamiyah) Pondok Modern Darussalam Gontor dengan masa studi:
6 tahun bagi tamatan SD/MI (program reguler)
4 tahun bagi tamatan SLTP/MTs (program intensif)
Di dalam kurikulum KMI diupayakan terwujudnya keseimbangan dan perpaduan antara pengetahuan agama (dirasah islamiyah) dan pengetahuan umum (ilmu eksakta, IPA, dan IPS)
2. Berapa Kapasitar 1 kamar dalam asrama?
1 Kamar berisi +-20 Orang.
3. Bagaimana jika ijazah belum keluar?
Ijazah ataupun berkas lain yang belum ada dapat ditunda dahulu penyerahannya.
4. Apakah Pendaftarannya bisa online?
Sistem Pendaftaran yang diterapkan hanya online, Kalaupun langsung datang ke pesantren prosesnya tetap online.
5. Berapa biaya bulanan dan termasuk apa saja?
Biaya bulanan Rp. 1.050.000- Sudah termasuk seluruhnya kecuali Laundry.
6. Apa saja berkas yang harus dilengkapi dalam pendaftaran ?
Pendaftaran bersifat Online, hanya mengisi data tanpa perlu upload berkas.
7. Bagaimana Sistem kunjungan santri?
Sistem kunjungan diatur dengan jadwal yang disesuaikan dengan kegiatan pesantren, agar tidak mengganggu kegiatan santri serta menghindari kepadatan lokasi pesantren.
8. Apakah ada kegiatan gabungan antara santri dan santriwati ?
Seluruh kegiatan dilaksanakan secara terpisah.
9. Apakah santri nyuci sendiri atau bisa laundry ?
Boleh nyuci sendiri maupun Laundry.
10. Apakah ada tingkat/kelas untuk menu makanan?
Tidak ada, menu makanan baik Santri, Guru dan Karyawan semuanya sama.
11. Apakah biaya pendaftaran termasuk seragam?
Tidak termasuk, untuk seragam dipesantren sama seperti seragam MTs/ Aliyah pada umumnya Kecuali baju batik (dapat dibeli di toko Pesantren).
Klik Disini Untuk melihat seragam => Seragam